Tentang Lisensi

Apa yang dilakukan lisensi kami

lisensi hak cipta Creative Commons dan alat-alatnya membentuk keseimbangan dalam pengaturan tradisional yang ada pada hukum hak cipta. Creative commons memberikan setiap orang, dari pencipta individu sampai dengan perusahaan dan lembaga besar, cara sederhana standar untuk memberikan izin hak cipta atas ciptaan kreatif mereka.

Desain dan rasionale lisensi

seluruh lisensi Creative Commons memiliki banyak fitur penting yang serupa. Setiap lisensi membantu para pencipta. Setiap lisensi Creative Commons juga menjamin para pencipta mendapat kredit yang pantas atas ciptaan mereka. Setiap lisensi Creative Commons dapat digunakan di seluruh dunia dan berlaku sepanjang masa berlaku hak cipta (karena mereka dibuat berdasarkan aturan hak cipta). Fitur tersebut merupakan titik pangkal lisensi, dan pemberi lisensi dapat memberikan izin tambahan saat memutuskan tambahan lain untuk setiap orang yang menggunakan ciptaan mereka.

Pembeli lisensi Creative Commons menjawab pertanyaan singkat dalam memilih lisensi yang ingin digunakan – pertama, apakah saya mengizinkan penggunaan untuk kepentingan komersial, dan kedua, apakah saya mengizinkan pembuatan ciptaan turunan? Apabila pemberi lisensi mengizinkan pembuatan ciptaan turunan, ia dapat pula memilih setiap pungguna ciptaan untuk melisensikan ciptaan turunan dengan lisensi yang memiliki syarat yang sama. Ide ini dinamakan “berbagiserupa”dan ini adalah mekanisme yang (apabila dipilih) dapat membantu perkembangan dunia digital. BerbagiSerupa terinspirasi dari GNU General Public License, digunakan pada proyek perangkat lunak bebas dan terbuka.

Lisensi Creative Commons (CC) tidak memenuhi kebebasan yang diberikan oleh hukum kepada pengguna ciptaan kreatif yang melindungi hak cipta, seperti pengecualian dan pembatasan atas hak cipta seperti penggunaan wajar. Lisensi Creative Commons mensyaratkan pengguna ciptaan untuk mendapatkan izin untuk menggunakan tindakan yang menurut hukum membutuhkan izin dari pemberi lisensi dan tidak dinyatakan di dalam lisensi yang digunakan. Pengguna ciptaan harus memberikan kredit kepada pembeli lisensi, menyatakan bahwa ciptaan tersebut dilindungi hakcipta, dan menautkan lisensi pada vsalinan ciptaan. Pengguna ciptaan tidak dapat membatasi akses setiap orang terhadap ciptaan.

Lisensi CC-BY

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk mengubah, memperbaikai, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda atas ciptaan asli. Lisensi ini adalah lisensi yang paling bebas.direkomendasikan untuk penyebarluasan secara maksimal dan penggunaan materi berlisensi.

Lisensi CC-BY-SA

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk mengubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumklan kredit kepada Anda dan melisensikan ciptaan turunan dibawah syarat yang serupa. Lisensi ini seringkali disamakan dengan lisensi “copyleft” pada perangkat lunak bebas dan terbuka. Seluruh ciptaan turunan dari ciptaan Anda akan memiliki lisensi yang sama, sehingga setiap ciptaan turunan dapat digunakan untuk kepentingan komersial. Lisensi ini digunakan oleh Wikipedia, dan direkomendasikan untuk materi-materi yang berasal dari penghimpunan materi Wikipedia dan proyek dengan lisensi serupa.

Lisensi CC-BY-ND

Lisensi ini mengizinkan penyebarluasan ulang, baik untuk kepentingan komersial maupun nonkomersial, selama bentuk ciptaan tidak diubah dan utuh, dengan pemberian kredit kepada Anda.

Lisensi CC-BY-NC

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk mengubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, dan walau mereka harus mencantumkan kredit kepada Anda dan tidak dapat memperoleh keuntungan komersial, mereka tidak harus melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang sama dengan ciptaan asli.

Lisensi CC-BY-NC-SA

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk mengubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepantingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda dan melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang serupa dengan ciptaan asli.

Lisensi CC-BY-NC-ND

Lisensi ini adalah lisensi yang paling ketat dari enam lisensi utama, hanya mengizinkan orang lain untuk mengunduh ciptaan Anda dan membaginya kepada orang lain selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda, tetapi mereka tidak dapat mengubahnya dengan cara apapun atau menggunakannya untuk kepentingan komersial.

Dikutip dari creative commons

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s