Mengenal Ubuntu Lebih Dekat

Apa itu Ubuntu?

Ubuntu adalah sebuah distribusi GNU/Linux yang turunannya dari distribusi lain yaitu debian. Ubuntu dikembangkan oleh Canonical, Ltd yang rutin merilis ubuntu setiap 6 bulan sekali, yang artinya dalam 1 tahun Canonical mengeluarkan ubtuntunya selama 2 kali. Ubuntu adalah sebuah distribusi GNU/Linux, yang artinya Ubuntu merupakan sebuah Sistem Operasi (Operating System atau OS) layaknya Windows namum berbeda dengan Windows yang biasa di gunakan pada kalangan masyarakat Indonesia. Ubuntu merupakan Sistem Operasi yang utuh dengan tambahan Ubuntu memiliki repository software berjumlah sangat besar pada setiap rilisnya. Ubuntu adalah Sistem Operasi free software dan open source, dengan rilis resmi secara gratis, dengan motto “Kemanusiaan untuk semua orang”. Ubuntu berlisensi free software, sperti Unix dan memiliki komunitas yang sangat besar sehingga mendunia untuk pengembangannya.

Screenshot from 2017-03-08 02-44-52

Apa Kelebihan Ubuntu dari Windows?

Ubuntu merupakan free software a(prangkat lunak bebas), pengguna mendapatkan hak penuh terhadap ubuntu, bebas menggunakan, menjalankan, mempelajari, mengubah, memodifikasi, menyalin, mendistribusikan dengan cara apapun. Ubuntu lebih aman dari Windows, pada praktik lapangannya pengguna Ubuntu jarang terkena virus, bahkan saya yang sejak pertama menggunakan (sekitar tahun 2013) sampai sekarang belum pernah terinveksi virus dan tidak menggunakan antivirus. Pada kenyataannya, masyarakat umumnya yang menggunakan windows tertarik menggunakan ubuntu beralasan karena sifat keamanannya ini. keamanan ubuntu datang dari beberapa faktor, salah satunya karena bersifat free software, yaitu pengguna bebas dari kekuasaan vendor. Namun berbeda dengan proprietary software, yang mana pengguna tidak akan pernah bisa bebas dari vendornya sendiri sehingga tidak pernah aman dari ancaman virus.

Ubuntu memiliki sistem instalasi software yang terpusat, disimpan dalam satu tempat yang bernama repository, dengan penginstalnya merupakan program khusus dengan nama Package Manager. Sistem ini menjamin keamanan pengguna dan kenyamanan, menjamin sistem pengguna tetap teratur dan upgradable secara mudah dan praktis. Prinsip ini sudah diterapkan ubuntu sejak awal hingga sekarang oleh ubuntu.

Ubuntu lebih praktis. Ketika ubuntu diinstal, pengguna bisa langsung memakainya. Pada praktik lapangan, mereka yang menginstall Ubuntu dan tidak memerlukan penginstallan driver apapun, karena driver pada perangkat keras secara generik sudah disertakan di dalam sistem Ubuntu. Hal ini bisa terjadi karena seluruh kernel Linux yang dipakai oleh Ubuntu memiliki kelebihan yang istimewa dalam bidang tersebut.

Apa Kekurangan Ubuntu dari Windows?

Kekurangan yang biasa disebutkan pada umumnya adlah tentang hal teknis. Di antara kekurangan yang sering disebutkan adalah butuh waktu untuk dipelajari. Ini sebenarnya sama seperti masyarakat yang mengenal Windows, mempelajari Windows dari pertama memegang komputer, karena sejak pertama kali kita diajarkan Windows di sekolah. Karena Ubuntu adal sebuah sistem Unix-like, sedangkan Windows bukanlah Unix-like sama sekali. Apabila Anda tidak mau belajar dari awal, maka Ubuntu mungkin akan menyulitkan bagi Anda.

Kekurangan yang sering dikeluhkan adalah masalah dukungan format dokumen dan office suite. Karena Ubuntu yang sifatnya free software (perangkat lunak bebas), maka secara alami Ubuntu mendukung standar-standar yang bebas terbuka seperti dokumen ODF dan free software seperti Libre Office; sifat alamiah free software lainnya yaitu meniadakan standar berpaten/nonfree seperti Microsoft OOXML (.docx) dan program Microsoft Office. Maka Apabila Anda tidak mau beralih standar docuen ke standar bebas terbuka, Ubuntu mungkin akan menyulitkan bagi Anda.

Apa saja Komunitas Ubuntu di Indonesia?

Komnitas Ubuntu adalah komunitas GNU/Linux yang paling banyak tersedia di internet Indonesia. Berikut alamat-alamat komunitasnya:

Bagaimana Memperoleh Ubuntu?

Cara 1: Mengunduh ISO. Ubuntu sebagai berkas ISO tersedia di situs resminya dengan alamat halaman unduh https://www.ubuntu.com/download/desktop. Di situs resmi ini Anda akan ditawari Apakah menyumbang donasi uang atau tidak sebelum mengunduh.

Screenshot from 2017-03-08 03-33-21

Selain dari situs resminya, Ubuntu tersedia di ribuan tempat lain(tempat itu disebut morror) di seluruh dunia. Mirror di Indonesia sendiri banyak dan yang paling terkenal adalah mirror dari Universitas Indonesia http://kambing.ui.ac.id/iso/ubuntu/releases/.

Cara 2: Membeli DVD: Tidak semua orang memiliki akses internet. Dan karena Ubuntu adalah free software (perangkat lunak bebas), maka setiap orang yang sudah memegangnya boleh menjualnya (hal ini kebalikan dari proprietary software yang menjualnya berarti melanggar lisensinya). maka banyak sekali pihak-pihak di Indonesia yang menjual CD ataupun DVD Ubuntu dengan harga bervariasi mulai dari 15.000 sampai 50.000 perkepingnya.

Diantara pihak-pihak yang menjual DVD Ubuntu di Indonesia misalnya Cilsy Fiolution, GudangLinux, Juragan Kambung Universitas Indonesia, dan lain-lain. Anda dapat membukanya di mesin pencari pada internet.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s