Bekerja dengan Nautilus di Ubuntu

Nautilus adalah file menager default pada Ubuntu yang merupakan bawaan dari Desktop Environment GNOME. Kalau di Windows kita menyebutnya adalah File Explorer. Di Nautilus ini penggunaannya mirip dengan file explorer di windows, cuman tampilan dan fitur-fiturnya berbeda.

Screenshot from 2017-06-28 14-44-32

Beginilah tampilan nautilus pada ubuntu, di bagaian kiri terdapat menu-menu storage yang begitu sederhana, karena memang di desain sesederhana mungkin.

New Tab

Kita bisa menambahkan tab baru layaknya pada aplikasi peramban (web browser) untuk multitaskingnya, dengan cara menekan Ctrl+T atau File → New Tab.

rect3613

Sedangkan kotak merah yang berada di bawah, adalah datail dari folder yang terpilih, contoh diatas adalah folder music yang memang didalamnya kosong tidak ada file maupun folder lagi.

Kotak merah kecil dibagian samping adalah untuk meng unmount sebuah storage atau kita biasa mengenal eject di windows. Kalau di windows kita hanya bisa mengeject flashdisk atau sebagainya, di ubuntu kita bahkan bisa mengeject partisi hard disk internal maupun external.

Menu

Jika kalian tidak menemukan menu pada nautilus, itu bukan lah sebuah error atau bug, namun memang fitur ubuntu meletakkannya di panel atas seperti mac OS dan terhidden ketika pointer tidak di arahkan ke panel. Ketika pointer anda arahkan ke panel, maka menu akan muncul dengan otomatis, ini bertujuan supaya tetap terlihat sederhana.

 rect3626.png

Banyak sekali fitur yang kita dapatakan pada nautilus ini. Untuk menampilkan file dan folder yang tersembunyi bisa diakses dengan cara Ctrl+H atau dengan klik pada menu View → Show Hidden Files, direktori dan berkas yang tersembunyi akan muncul.

Menemukan berkas

Untuk mencari sebuah file yang kita lupa dimana letaknya, namun kita ingat namanya, kita bisa menggunakan fitur pencarian Find dengan menekan tombil Ctrl+F atau ke menu Go → search for Files, dan ketikkan nama berkas ataupun direktori, maka nautilus akan dengan cepat mencari ditrektori maupun berkas yang ada

rect3639.png

Nautilus ini sangat sensitif dengan karakter, karakter kapital dengan karakter kecil sangat dibedakan disini, misalnya Download dengan download merupakan 2 nama yang berbeda, jadi ketika search hendaknya diperhatikan pengetikan karakternya.

View

Merubah tampilan pada nautilus, bisa menggunakan bagian yang tandai dengan kotak berwarna merah atau dengan menggunakan menu View → list atau icons,

rect3652.png

sedangakan untuk mengurutkan berdasarkan , ukuran, tipe, tanggal dimodifikasi bisa dengan menu View → By Names, By Type, By Size, By Modification Date.

Masih Banyak fitur yang disediakan oleh nautilus, anda bisa mempelajarinya pada menu help yang berada pada Menu Help → All Topics atau dengan menekan tombol F1. Anda bisa belajar banyak dari menu tersebut dan anda bisa pintar tanpa Internet dengan mempelajari menu help saja. Pengembang sengaja memberikan menu tersebut untuk memudahkan penggunanya, supaya tidak kesulitan dalam mengoperasikan Nautilus ini. Jangan puas dengan yang anda miliki saat ini, banyak sekali ilmu yang bisa kita pelajari dan jangan malu untuk bertanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s