Bekerja dengan Unity di Ubuntu #Bagian 2

Setelah kita bahas tentang bagaimana cara menggunakan Unity pada bagian 1, dapat anada lihat pada artikel sebelumnya yaitu Bekerja dengan Unity di Ubuntu #Bagian 1, sekarang kita akan melanjutkan materi selanjutnya yaitu multitasking di Unity pada Ubuntu. Multitasking ini memudahkan pengguna jika membuka lebih dari satu window atau aplikasi dalam sekali waktu. Konsep multitasking ini ada pada semua desktop GNU/Linux, namun mungkin dengan tampilan yang berbeda. Anda tidak akan terganggun dengan aplikasi lain jika memanfaatkan multitasking ini ketika membuka banyak window dan aplikasi.

Pada dasarnya konsep multitasking pada Desktop Environment di GNU/Linux adalah sama, akan tetapi cara pemakaiannya bisa saja berbeda tergantung bagaimana para developer membuatnya. Langsung saja beginilah cara pemakaian multitasking pada Unity.

Alt + Tab

Screenshot from 2017-07-08 11-39-29.png

Alt + Tab digunakan untuk berpindah dari window satu ke windows yang lain atau aplikasi satu ke aplikasi yang lain. Alt + Tab akan menampilkan overlayer termuatnya aplikasi apa saja yang sedanga aktif atau berjalan pada desktop yang aktif. Jika anda ingin mempercantik tampilan multitasking ini anda bisa merubahnya dengan menginstall taplikasi tambahan seperti compiz.

Super (win) + W

multitasking ini fungsinya sama dengan Alt + Tab namun tidak hanya menampilkan icon seperti Alt + Tab, ia menampilkan aplikasi yang sedang dikerjakannya, bgeinilah tampilannya:

Screenshot from 2017-07-08 11-36-33.png

aplikasi yang sedang aktif akan ditampilkan semuanya dengan tampilan window yang sebenarnya. Anda dapat memilih mau berpindah ke window mana dengan mengklik atau memilih dengan menggunakan tombol arah pada keyboard.

Super + S

Sebelum menggunakan multitasking ini, pada Unity secara default belum aktif sehingga kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, buka settings → pilih Appearance dan pilih → Behavior dan kemudian centang pada Enable workspaces

Screenshot from 2017-07-08 11-37-38.png

ketika enable workspaces di centang, sekarang workspaces sudah dapat digunakan dengan cara menekan tombol Super + S, secara default Unity menyediakan 4 desktop, ini dapat anda ubah sesuai dengan keinginan kalian. Berikut contoh tampilannya:

Screenshot from 2017-07-08 11-37-10.png

anda disediakan dengan 4 desktop yang siap anda gunakan secara bersamaan dengan berbagai aplikasi yang berbeda. Workspaces ini bertujuan agar anda lebih mudah bekerja dengan banyak aplikasi yang berbeda supaya tidak mengganggu ketika anda bekerja dengan banyak aplikasi tersebut.

Untuk berpindah pada workspaces ada juga dapt menggunakan shortcut Ctrl + Alt + tombol arah pada keyboard.

Screenshot from 2017-07-08 11-43-51.png

Ada akan secara langsung berpindah dengan petunjuk yang anda berikan pada sistem. Ini sangat penting untuk anda yang suka dengan gaya sederhana, workspaces akan memudahkan anda dalam bekerja.

More Settings

Unity memiliki sebuah aplikasi yang digunakan hanya untuk mengcustome tampilan unity ini, namanya adalah Unity Tweak Tool. Aplikasi ini harus anda install sendiri sebelum anda menggunakannya, karena aplikasi ini belum tersedia pada Ubuntu secara default. Cara penginstallan dapat anda buka Ubuntu Software dan cari Unity Tweak Tool atau dengan terminal, caranya cukup mudah dengan mengetikkan perintah

sudo apt-get install unity-tweak-tool

Tunggu hingga proses install selesai.

Jika anda pemula dan belum terbiasa dengan GNU/Linux, maka berikut carantya:

untuk membuka Terminal anda bisa mencarinya pada dash atau dengan tekan tombol Ctrl + Alt + T, maka terminal akan terbuka seperti berikut:

Screenshot from 2017-07-08 23-06-01.png

update terlebih dahulu repository agar mendapatkan daftar terbaru pada server caranya ketik

sudo apt-get update

dan masukkan pasword anda, pasword sengaja tidak ditampilkan karena alasan keamanan dan tunggu hingga selesai seperti tampilan berikut:

Screenshot from 2017-07-09 06-31-24.png

nama PC anda akan muncul kembali seperti berikut, itu bertanda proses update telah selesai. Kemudian ketikkan

sudo apt-get install unity-tweak-tool

ini adalah perintah untuk penginstallan unity tweak tool, tentunya semua penginstallan ini harus terkoneksi dengan internet.

Screenshot from 2017-07-09 06-31-43.png

Kemudian tekan enter dan tunggu proses download dan installasi selesai

Screenshot from 2017-07-08 23-15-43.png

proses sudah selesai, sekarang buka aplikasinya dengan mencarinya di dash atau dengan terminal dengan mengetikkan

unity-tweak-tool pada terminal kemudian enter

Screenshot from 2017-07-08 23-16-57.png

beginilah tampilan Unity Tweak Tool, anda dapat mengcustom semua tampilan pada Unity sesuai dengan keinginan anda.

Anda dapat memindahkan launcher pada bagian kiri ke bawah, carannya pilih Launcher pada Unity Tweak Tool dan pilih Bottom pada Appearance maka Launcher akan berpindah ke bawah seperti gambar berikut:

Screenshot from 2017-07-08 23-17-36.png

Dash bisa anda kecilkan ukurannya seperti artikel sebelumnya yaitu Bekerja dengan Unity di Ubuntu #Bagian 1

Screenshot from 2017-07-08 23-18-03.png

dengan Unity Tweak Tool anda sangat dimudahkan untuk mengcustom Unity sesuai dengan keinginan anda.

Penutup

Unity memiliki banyak fitur yang belum ada pada artikel ini, anda dapat mencarinya di ubuntu help dan mempelajarinya. Sekali lagi mengingatkan, ubuntu help sengaja dibuat oleh para developer untuk membantu pengguna, untuk memudahkan pengguna yang baru hijrah ke GNU/Linux. Anda bisa pintar tanpa internet dengan membaca ubuntu help tersebut. Kita sering sekali mengabaikannya dan mencari penyelesaiannya pada forum.

Unity memiliki tampilan yang sangat sederhana dan userfriendly. Pemula pun akan sangat mudah untuk mempelajarinya, tergantung bagaimana cara anda mencari informasi dan mempelajarinya.

Semoga artikel ini membantu, dan tentu saja memerlukan kritikan dan saran untuk artikel selanjutnya. Mohon maaf jika ada salah kata dalam artikel ini. Jangan takut untuk hijrah ke yang lebih baik dan halal.

Salam Open Source.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s