Blog

Bekerja dengan Nautilus di Ubuntu

Nautilus adalah file menager default pada Ubuntu yang merupakan bawaan dari Desktop Environment GNOME. Kalau di Windows kita menyebutnya adalah File Explorer. Di Nautilus ini penggunaannya mirip dengan file explorer di windows, cuman tampilan dan fitur-fiturnya Continue reading “Bekerja dengan Nautilus di Ubuntu”

Hak Izin (Permissions)

Semua berkas yang ada dalam sistem GNU/Linux memiliki hak izin yang dapat mengizinkan atau mencegah orang lain dari memiliki, mengubah dan mengeksekusinya. Hak akses tertinggi dimiliki user “root” atau administrator, untuk mengakses berkas dalam sistem. Setiap berkas memiliki pembatasan akses, pembatasan pengguna, dan memiliki asosiasi pemilik/grup.

Setiap berkas dilindungi Continue reading “Hak Izin (Permissions)”

Belajar chmod

Pengertian chmod

Jika anda pengguna linux atau seorang web developer, maka tidak asing lagi dengan kata ini. Bagi anda yang belum tahu apa itu chmod, jangan kawatir karena dalam artikel ini akan menjelaskan apa itu chmod. Chmod adalah kepanjangan dari change mode, yaitu sebuah perintah untuk hak akses/permisions sebuah file atau direktori (folder) kepada owner, group, Continue reading “Belajar chmod”

Mengapa Memakai Linux?

Saya berharap artikel ini dapat membantu Anda yang ingin migrasi ke Linux dan memantapkan niat untuk migrasi.

Legal

Alasan pertama yang membuat saya memakai Linux adalah karena Linux itu legal. Ketika Anda menggunkan yang bajakan untuk kerja, apakah dokumen yang Anda buat halal? Saya tidak Continue reading “Mengapa Memakai Linux?”

Mengenal Ubuntu Lebih Dekat

Apa itu Ubuntu?

Ubuntu adalah sebuah distribusi GNU/Linux yang turunannya dari distribusi lain yaitu debian. Ubuntu dikembangkan oleh Canonical, Ltd yang rutin merilis ubuntu setiap 6 bulan sekali, yang artinya dalam 1 tahun Canonical mengeluarkan ubtuntunya selama 2 kali. Ubuntu adalah sebuah distribusi GNU/Linux, yang artinya Ubuntu merupakan sebuah Continue reading “Mengenal Ubuntu Lebih Dekat”

Lisensi

Copyright

Copyright adalah hukum negara yang mengatur penyalinan karya cipta. Itulah copyright dalam bahasa paling lugu, karena copy = salin, menyalin; right = hak. Dalam bahasa hukum di Indonesia, copyright diartikan hak cipta. Copyright mengatur perbuatan menyalin suatu karya yang dilakukan oleh pihak lain terhadap pencipta karya. Dan uniknya copyright ini terjadi secara otomatis. Ada sebuah kumpulan hukum yang disebut Intellectual Proprty Rights (IPR), yang didalamnya terdapat setidaknya 4 (empat) hukum lain, yaitu: Continue reading “Lisensi”

Free Software

Apa itu Free Software?

Free software merupakan perangkat lunak bebas merdeka yang menggunkan lisensi GPL (General License Public), yang artinya anda bebas menggunakannya, meminjamkannya, mengubahnya, memodifikasinya serta bebas pula menjualnya. Istilah free software bukan berartikan gratis, free disini berartikan bebas, karena dalam istilah bahasa inggris, bebas adalah free gratis juga free. Ini mengacu lebih ke freedomnya.

Kalau ada free sofware berarti ada nonfree software? Jawabannya adalah iya. Biasanya istilah nonfree Continue reading “Free Software”